Gear/roda gigi ialah komponen dari sebuah mesin, dengan gerakan berputar Gear/roda gigi berfungsi untuk mentransfer daya. gear/roda gigi mempunyai jumlah gerigi tertentu, gerigi ini akan bergerak dan saling bersentuhan satu sama lain. Dengan jumlah tertentu gear/roda gigi yang saling bersentuhan akan bekerja sama melakukan pergerakan yang disebut sebagai transmisi gear/roda gigi, proses ini akan membuahkan hasil meknis lewat rasio jumlah roda gigi. gear/roda gigi akan mampu merubah kecepatan gerak putarnya, torsi, & arah daya terhadap sumber daya. Namun ada kalanya gear/roda gigi tak bersentuhan dengan gear/roda gigi yang lainnya: Contoh dalam kasus pasangan gear/roda gigi & pinion yang berasal dari gaya translasi, bukan gaya rotasi.
Transmisi gear/roda gigi dengan sistem analog dan transmisi dengan sistem sabuk & puli. Manfaat transmisi gear/roda gigi dengan sistem sabuk & puli ialah keberadaan gigi yang bisa mencegah slip, dengan begitu maka tenaga yang ditransferpun akan lebih besar. Akan tetapi, gear/roda gigi takan bisa mentransfer daya sejauh yang bisa dilakukan sistem transmisi roda & puli kecuali terdapat gear dengan jumlah banyak yang bekerja di dalamnya.
saat dua gear/roda gigi dengan jumlah gerigi tertentu bekerja sama, maka hasil mekanis akan didapatkan, baik itu kecepatan torsi maupun kecepatan putaran, Dan ini dapat dihitung dengan persamaan yang simple. gear/roda gigi dengan jumlah gerigi lebih banyak akan berperan mengurangi kecepatan putar sebuah gear akan tetapi gear/roda gigi dengan jumlah gerigi lebih banyak ini juga akan mampu meningkatkan torsi.
Rasio kecepatan yang tepat berdasarkan jumlah gigi adalah fitur dari gear / roda gigi yang mengesampingkan mekanisme transmisi lainnya (mis. Ikat pinggang & katrol). Mesin presisi seperti jam tangan memanfaatkan rasio kecepatan rotasi yang presisi ini. Dalam kasus di mana sumber daya & beban berdekatan, gear / gear memiliki keunggulan karena dapat dirancang dalam ukuran kecil. Kerugian dari gear / gear adalah biaya membuatnya lebih mahal & pelumasan yang diperlukan yang membuat biaya operasi lebih tinggi.
Gear/roda gigi spur
Spur adalah jenis gear / gigi paling simple, terdiri dari silinder / cakram dengan gigi yang dibentuk secara radial. Ujung gigi lurus & diatur sejajar dengan sumbu rotasi. Gear ini hanya bisa dihubungkan secara paralel.
Gear / roda gigi dalam
Gear / roda gigi dalam (internal gear / gear, internal gear) adalah Gear / roda gigi yang giginya terletak di dalam silinder / gear gear. Berbeda dengan gear / gear eksternal yang memiliki gear di luar silinder. Gear internal tidak mengubah arah rotasi.
Gear / roda gigi heliks
adalah penyempurnaan dari taji. Tepi gigi tidak sejajar dengan sumbu rotasi, tetapi miring ke tingkat tertentu. karena giginya miring, gir / gir terlihat seperti heliks.
Gigi miring mengakibatkan pertemuan antar gigi secara perlahan sehingga pergerakan roda Gear / roda gigi menjadi halus & getaran minimal. Berbeda dengan taji dimana pertemuan gigi dilakukan secara langsung untuk memenuhi ruang antar gigi sehingga menyebabkan stres dan getaran. heliks gear dapat dioperasikan pada kecepatan tinggi dibandingkan dengan memacu karena kecepatan rotasi tinggi dapat mengakibatkan memacu mengalami getaran tinggi. Spur lebih baik digunakan pada putaran rendah. Kecepatan rotasi dikatakan tinggi jika kecepatan linier pitch melebihi 25 m / detik
Gear / Roda gigi heliks dapat disatukan secara paralel atau melintang. Pengaturan paralel adalah umum, dan pengaturan transversal biasanya disebut miring.
Gear / roda gigi heliks ganda
Gear / roda Gigi heliks ganda / gigi herringbone muncul karena dorongan aksial dari gigi heliks tunggal. Roda gigi heliks ganda memiliki dua pasang roda gigi berbentuk V sehingga ada dua roda gigi heliks bersama. Ini akan menghasilkan saling membatalkan impuls aksial. Roda gigi heliks ganda lebih sulit dibuat karena kompleksitas bentuknya.
Gear / Roda gigi bevel
Bevel gear berbentuk seperti kerucut yang dipotong dengan gigi terbentuk di permukaannya. ketika dua gigi bevel bersentuhan, titik akhir kerucut imajiner akan berada pada satu titik, & sumbu gandar akan berpotongan. Sudut antara dua roda gigi bevel bisa apa saja kecuali 0 & 180.
Gear / bevel gear dapat berbentuk lurus seperti spur / spiral seperti helical gear / gear. Keuntungan & kerugiannya sama dengan perbandingan antara spur & gear / helical gears.
Gigi / roda gigi hypoid
Gear / roda gigi hypoid mirip dengan Gear / roda gigi bevel, tetapi kedua sumbu tidak berpotongan.
Gear / Roda gigi mahkota
Gear / mahkota gigi (crown gear) adalah salah satu bentuk gear / bevel gear yang giginya sejajar & tidak miring ke sumbu. Bentuk giginya menyerupai mahkota. crown gear / gears hanya dapat dipasangkan secara akurat dengan bevel / spur gears / gear.
Gear / gear cacing dengan 4 utas
Gear / gigi cacing menyerupai sekrup berbentuk batang yang dipasangkan dengan gear / taji biasa. worm gear adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan rasio torsi tinggi & kecepatan rotasi rendah. Biasanya, pasangan spur / helical gear / gear memiliki rasio maksimum 10: 1, dan rasio gear / worm gear bisa mencapai 500: 1. Kerugian dari worm gear adalah membuat cacing gear / gear memiliki efisiensi rendah sehingga membutuhkan pelumasan.
Gear / roda gigi mirip dengan roda gigi heliks, kecuali pada sudut gigi yang mendekati 90 derajat, dan bentuk ba & biasanya memanjang ke arah aksial. Jika ada setidaknya satu gigi yang mencapai satu putaran di sekitar ba & gear / gear, maka itu adalah gear / worm gear. Jika tidak, maka itu adalah gigi heliks. Gear cacing memiliki setidaknya satu gigi yang dapat mengelilingi ba beberapa kali. Jumlah gigi pada gigi cacing biasanya disebut benang.
Pada sepasang gear / worm gear, stem selalu dapat menggerakkan gear / memacu gear. Jarang ada taji yang bisa memindahkan gigi / worm gear. Sehingga bisa dikatakan bahwa pasangan gear / worm gear adalah transmisi satu arah.
Gear / roda gigi non-sirkuler
Gear non-sirkuler dirancang untuk tujuan tertentu. gear / gear biasa dirancang untuk mengoptimalkan transmisi daya dengan getaran & keausan minimal, gear / gear non-lingkaran dirancang untuk variasi rasio, osilasi, dan sebagainya.
Gear / roda gigi pinion
Pasangan Gear / roda gigi pinion terdiri dari Gear / roda gigi, yang disebut pinion, & batang bergerigi yang disebut rak. Kombinasi rack & pinion menghasilkan mekanisme transmisi torsi yang berbeda; Torsi ditransmisikan dari gaya rotasi ke gaya translasi / balik. ketika pinion berputar, rak akan bergerak lurus. Mekanisme ini digunakan pada beberapa jenis kendaraan untuk mengubah rotasi roda kemudi kendaraan ke gerakan kanan & kiri rak sehingga roda berubah arah.
Ilustrasi roda gigi epicyclic / rotasi roda gigi. Perhatikan perbedaan kecepatan rotasi yang ditandai dengan tanda merah pada poros / roda gigi matahari & planet
Gear epicyclic / planetary gear / epicyclic gear adalah kombinasi gear / gear yang menyerupai pergerakan planet & matahari. Jenis Gear / roda gigi ini digunakan untuk mengubah rasio rotasi aksial secara aksial, bukan paralel. Kombinasi beberapa Gear / roda gigi episiklik dengan mekanisme penghentian putaran gear / roda gigi menghasilkan rasio variabel. Mekanisme ini digunakan pada kendaraan dengan transmisi otomatis.
Gear / roda gigi planet sederhana dapat ditemukan selama revolusi industri di Inggris; Pada saat itu mekanisme Gear / roda gigi planetary berupa gear sebagai matahari & Gear / roda gigi yang berputar di sekitarnya sebagai planet, menjadi bagian utama dari mesin uap. Bagian ini mengubah gaya terjemahan menjadi rotasi, yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.
Transmisi gear/roda gigi dengan sistem analog dan transmisi dengan sistem sabuk & puli. Manfaat transmisi gear/roda gigi dengan sistem sabuk & puli ialah keberadaan gigi yang bisa mencegah slip, dengan begitu maka tenaga yang ditransferpun akan lebih besar. Akan tetapi, gear/roda gigi takan bisa mentransfer daya sejauh yang bisa dilakukan sistem transmisi roda & puli kecuali terdapat gear dengan jumlah banyak yang bekerja di dalamnya.
saat dua gear/roda gigi dengan jumlah gerigi tertentu bekerja sama, maka hasil mekanis akan didapatkan, baik itu kecepatan torsi maupun kecepatan putaran, Dan ini dapat dihitung dengan persamaan yang simple. gear/roda gigi dengan jumlah gerigi lebih banyak akan berperan mengurangi kecepatan putar sebuah gear akan tetapi gear/roda gigi dengan jumlah gerigi lebih banyak ini juga akan mampu meningkatkan torsi.
Rasio kecepatan yang tepat berdasarkan jumlah gigi adalah fitur dari gear / roda gigi yang mengesampingkan mekanisme transmisi lainnya (mis. Ikat pinggang & katrol). Mesin presisi seperti jam tangan memanfaatkan rasio kecepatan rotasi yang presisi ini. Dalam kasus di mana sumber daya & beban berdekatan, gear / gear memiliki keunggulan karena dapat dirancang dalam ukuran kecil. Kerugian dari gear / gear adalah biaya membuatnya lebih mahal & pelumasan yang diperlukan yang membuat biaya operasi lebih tinggi.
Jenis-Jenis Gear/Roda Gigi
Gear/roda gigi spur
Spur adalah jenis gear / gigi paling simple, terdiri dari silinder / cakram dengan gigi yang dibentuk secara radial. Ujung gigi lurus & diatur sejajar dengan sumbu rotasi. Gear ini hanya bisa dihubungkan secara paralel.
Gear / roda gigi dalam
Gear / roda gigi dalam (internal gear / gear, internal gear) adalah Gear / roda gigi yang giginya terletak di dalam silinder / gear gear. Berbeda dengan gear / gear eksternal yang memiliki gear di luar silinder. Gear internal tidak mengubah arah rotasi.
Gear / roda gigi heliks
adalah penyempurnaan dari taji. Tepi gigi tidak sejajar dengan sumbu rotasi, tetapi miring ke tingkat tertentu. karena giginya miring, gir / gir terlihat seperti heliks.
Gigi miring mengakibatkan pertemuan antar gigi secara perlahan sehingga pergerakan roda Gear / roda gigi menjadi halus & getaran minimal. Berbeda dengan taji dimana pertemuan gigi dilakukan secara langsung untuk memenuhi ruang antar gigi sehingga menyebabkan stres dan getaran. heliks gear dapat dioperasikan pada kecepatan tinggi dibandingkan dengan memacu karena kecepatan rotasi tinggi dapat mengakibatkan memacu mengalami getaran tinggi. Spur lebih baik digunakan pada putaran rendah. Kecepatan rotasi dikatakan tinggi jika kecepatan linier pitch melebihi 25 m / detik
Gear / Roda gigi heliks dapat disatukan secara paralel atau melintang. Pengaturan paralel adalah umum, dan pengaturan transversal biasanya disebut miring.
Gear / roda gigi heliks ganda
Gear / roda Gigi heliks ganda / gigi herringbone muncul karena dorongan aksial dari gigi heliks tunggal. Roda gigi heliks ganda memiliki dua pasang roda gigi berbentuk V sehingga ada dua roda gigi heliks bersama. Ini akan menghasilkan saling membatalkan impuls aksial. Roda gigi heliks ganda lebih sulit dibuat karena kompleksitas bentuknya.
Gear / Roda gigi bevel
Bevel gear berbentuk seperti kerucut yang dipotong dengan gigi terbentuk di permukaannya. ketika dua gigi bevel bersentuhan, titik akhir kerucut imajiner akan berada pada satu titik, & sumbu gandar akan berpotongan. Sudut antara dua roda gigi bevel bisa apa saja kecuali 0 & 180.
Gear / bevel gear dapat berbentuk lurus seperti spur / spiral seperti helical gear / gear. Keuntungan & kerugiannya sama dengan perbandingan antara spur & gear / helical gears.
Gigi / roda gigi hypoid
Gear / roda gigi hypoid mirip dengan Gear / roda gigi bevel, tetapi kedua sumbu tidak berpotongan.
Gear / Roda gigi mahkota
Gear / mahkota gigi (crown gear) adalah salah satu bentuk gear / bevel gear yang giginya sejajar & tidak miring ke sumbu. Bentuk giginya menyerupai mahkota. crown gear / gears hanya dapat dipasangkan secara akurat dengan bevel / spur gears / gear.
Gear / gear cacing dengan 4 utas
Gear / gigi cacing menyerupai sekrup berbentuk batang yang dipasangkan dengan gear / taji biasa. worm gear adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan rasio torsi tinggi & kecepatan rotasi rendah. Biasanya, pasangan spur / helical gear / gear memiliki rasio maksimum 10: 1, dan rasio gear / worm gear bisa mencapai 500: 1. Kerugian dari worm gear adalah membuat cacing gear / gear memiliki efisiensi rendah sehingga membutuhkan pelumasan.
Gear / roda gigi mirip dengan roda gigi heliks, kecuali pada sudut gigi yang mendekati 90 derajat, dan bentuk ba & biasanya memanjang ke arah aksial. Jika ada setidaknya satu gigi yang mencapai satu putaran di sekitar ba & gear / gear, maka itu adalah gear / worm gear. Jika tidak, maka itu adalah gigi heliks. Gear cacing memiliki setidaknya satu gigi yang dapat mengelilingi ba beberapa kali. Jumlah gigi pada gigi cacing biasanya disebut benang.
Pada sepasang gear / worm gear, stem selalu dapat menggerakkan gear / memacu gear. Jarang ada taji yang bisa memindahkan gigi / worm gear. Sehingga bisa dikatakan bahwa pasangan gear / worm gear adalah transmisi satu arah.
Gear / roda gigi non-sirkuler
Gear non-sirkuler dirancang untuk tujuan tertentu. gear / gear biasa dirancang untuk mengoptimalkan transmisi daya dengan getaran & keausan minimal, gear / gear non-lingkaran dirancang untuk variasi rasio, osilasi, dan sebagainya.
Gear / roda gigi pinion
Pasangan Gear / roda gigi pinion terdiri dari Gear / roda gigi, yang disebut pinion, & batang bergerigi yang disebut rak. Kombinasi rack & pinion menghasilkan mekanisme transmisi torsi yang berbeda; Torsi ditransmisikan dari gaya rotasi ke gaya translasi / balik. ketika pinion berputar, rak akan bergerak lurus. Mekanisme ini digunakan pada beberapa jenis kendaraan untuk mengubah rotasi roda kemudi kendaraan ke gerakan kanan & kiri rak sehingga roda berubah arah.
Ilustrasi roda gigi epicyclic / rotasi roda gigi. Perhatikan perbedaan kecepatan rotasi yang ditandai dengan tanda merah pada poros / roda gigi matahari & planet
Gear epicyclic / planetary gear / epicyclic gear adalah kombinasi gear / gear yang menyerupai pergerakan planet & matahari. Jenis Gear / roda gigi ini digunakan untuk mengubah rasio rotasi aksial secara aksial, bukan paralel. Kombinasi beberapa Gear / roda gigi episiklik dengan mekanisme penghentian putaran gear / roda gigi menghasilkan rasio variabel. Mekanisme ini digunakan pada kendaraan dengan transmisi otomatis.
Gear / roda gigi planet sederhana dapat ditemukan selama revolusi industri di Inggris; Pada saat itu mekanisme Gear / roda gigi planetary berupa gear sebagai matahari & Gear / roda gigi yang berputar di sekitarnya sebagai planet, menjadi bagian utama dari mesin uap. Bagian ini mengubah gaya terjemahan menjadi rotasi, yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.